Langsung ke konten utama

Faedah Syahadat - PART I

FAEDAH

Bismillahirrohmanirrohim...

Selamat malam, Sahabat Blogger semua....

Syahadat di Bendera Arab Saudi
Kangen ngga sama Ane? Tau, tau... Kangen kan? hehhe Maaf nih baru nulis lagi, ngga sempet-sempet nulis soalnya. Udah 3x pertemuan sih, pengajian Kitab Kifayatul Ghulam ba'da Subuh dimulai lagi. Tapi baru sempet dirangkum lagi ini. Maaf ya, kebanyakan nyari dunia, sampe lalai tugas nulisnya. :-(

Langsung aja deh biar ngga lama-lama, buat yang baru baca dari sini Ane saranin baca pembahasan sebelumnya disini. Biar mudeng nanti bacanya. :-)

Silakan dibaca pembahasan kali ini. Cekibrot!

Ini suatu faedah pada menyatakan kelebihan syahadat yaitu :

لااله الاالله محمدرسول الله


Itu segala hurufnya DUA PULUH EMPAT huruf dan sekalian itu Hurufiyah, yakni dibuatkan sekalian hurufnya sahaja (sengaja) itu TIADA TITIK karena isyaroh kepada seyogyanya barangsiapa mengata (berucap) dengan dua kalimat syahadat itu dengan ikhlas hatinya.

Dan tiada sekalian daripada sekalian hurufnya BERTITIK itu isyaroh kepada bahwasanya seyogyanya bagi barangsiapa mengata (berucap) dengan dua kalimat syahadat itu, bahwasanya hendaklah suci hatinya daripada tiap-tiap barang yang lain daripada Allah Ta'ala.

Kesimpulan :

Faidah Syahadat, yaitu hal-hal yang terkandung dalam kalimat Syahadat yang berbunyi "Laa ilaa ha illallaah Muhammadurrosulullaah" itu ada 24 huruf, yang kesemua hurufnya (yang 24 huruf itu) tiada bertitik! Faedahnya atau Maksudnya adalah :


Ikhlas dalam Syahadat
  1. Bagi Barangsiapa yang berucap kalimat syahadat ini haruslah ia Ikhlas Qalbunya
  2. Bagi Barangsiapa yang berucap kalimat syahadat ini haruslah ia suci Qalbunya dari barang-barang, Dzat atau sejenisnya, kecuali Dzat nya Allah ta'ala.
Begitulah yang dijelaskan dalam Kitab Kifayatul Ghulam. Semoga bermanfaat yaa.. 

Wassalam.

dituliskan kembali Oleh Alfaqir Syaif Jakarta
dari Teks asli Kitab Kifayatul Ghulam Karangan Syekh Ismail Alminangkabawi
9 Oktober 2013

Postingan populer dari blog ini

Kifayatul Ghulam (Muqaddimah)

Bismillahirrohmanirrohim..
Malam sahabat! Mulai sekarang insyaALLAH ane mau sempatkan menuliskan terjemahan kitab Kifayatul Ghulam karangan Syekh Ismail Al-Minangkabawi. Pembacaan kitab ini biasanya dilaksanakan pada Ahad pertama dan ketiga setiap bulannya di Jakarta dengan teman-teman Hadroh Masjid Jami' Baiturrahman Cakung.
Tapi karena ane sekarang lagi tugas keluar pulau jadi ngaji Kitab diliburkan dulu. Oleh karena itu tergerak dari hati ane yang ingin melanjutkan pengajian kitab ini maka ane tuliskan di blog biar bisa dibaca sama yang lain juga. Tapi jangan salah-salah tafsir, kalo ada yang ragu antum bisa tanya ke ane langsung.

Mari kita mulai pembacaan kitab ini.
Inilah kitab KIFAYATUL GHULAM yang menjelaskan tentang Rukun Islam dan Syarat-syaratnya. Artinya ini kitab yang memadai bagi budak (orang) yang baru belajar. Ini kitab pada menyatakan rukun Islam yang lima dan syaratnya karangan MAULANA WA QUDWATUNA SYEKH ISMAIL ALMINANGKABAWI (semoga ALLAH merahmatinya dan memberikan …

Syarat Sah, Fardhu, Kesempurnaan dan Rukun Syahadat

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM...BAB. Syarat Sah, Fardhu, Kesempurnaan dan Rukun Syahadat Melanjutkan pelajaran kita pada bab sebelumnya pada kitab Kifayatul Ghulam yang masih muqaddimah. Sekarang kita masuk ke BAB syahadat. Kita pelajari satu-satu tentang syarat sah, fardhu, kesempurnaan dan rukun Syahadat. Sebelum kita mengetahui tentang apa saja yang membatalkan syahadat.
Kita langsung saja mulai pembahasan ini.
Bismillahirrohmanirrrohim....
Bermula Syarat Sah syahadat itu ada 4 perkara : DiketahuiDiikrarkanDitasdiq kanDiamalkanDemikianlah Syarat sah syahadat...
Adapun Fardhu Syahadat itu ada 2 perkara : Diikrarkan dengan lidahDitasdiq kan dengan hatiAdapun kesempurnaan Syahadat itu ada 4 perkara : MengetahuiIkrarTasdiqYakinDemikianlah kesempurnaan syahadat...
Adapun rukun Syahadat itu ada 4 perkara : Meng- ITSBAT-kan Dzat ALLAHMeng- ITSBAT-kan Sifat ALLAHMeng- ITSBAT-kan Af'al ALLAHMeng- ITSBAT-kan kebenaran RasulullahDemikianlah rukun syahadat...
Hanya sedikit yang saya sampaikan malam ini, m…

Sungai Je'ne Berang

Bismillahirrohmanirrohim..
Malam Sobat,
Bagaimana kabar kalian hari ini? Puasa di hari ke-9 nya lancar gak? Pasti lancar donk ya? hehe. Oh ya sobat, ga nyangka saya di Makassar sudah 27 hari (sampai hari ini) mulai dari keberangkatan saya tanggal 3 juli-saat ini tanggal 29 Juli 2012. Lama juga ya? kangen juga sama keluarga di Jakarta sobat. Ane melalui hari-hari di bulan Ramadhan sampai tanggal ini dengan makan sahur dan buka sendirian kalau ga diajak buka sama teman kantor. Emang berasa sedih kadang-kadang sobat! apalagi pas bangun sahur sendirian yang biasanya ane di bangunin ama Ummi ane sekarang mah bangun sendirian. :(
Tapi bukan itu yang mau ane post malam ini. Sesuai judul di atas SUNGAI JE'NE BERANG.